Kegagalan Demokrasi Indonesia Menurut Pandangan Hermawan Sulistyo | Best Statement ILC

Dipublikasikan tanggal 9 Peb 2021
Ditonton 44 542
27

Jakarta, www.tvonenews.com - Pengamat politik Hermawan Sulistyo menyoroti jalannya demokrasi di Indonesia. Menurutnya, soal kultural masih jadi problem dalam demokrasi negeri ini. Demokrasi dalam praktiknya juga dinilai belum mampu menyejahterakan rakyat. ILC edisi "Setelah Vonis MK: Seperti Apa Wajah Demokrasi Kita?" telah tayang pada 3 Juli 2019.

Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Indonesia Lawyers Club
Komentar  
  • Jhon Khan

    Jhon Khan

    23 hari yang lalu

    Pembangunan memang mantap tapi rakyat belum sejahtera

  • Sukaesih Afif

    Sukaesih Afif

    Bulan Yang lalu

    Bpk ini kadg bela jkw,jatihkn yg terzolim

  • Heru Cahyono

    Heru Cahyono

    Bulan Yang lalu

    Negeri sarang mafia
    Memang patut untuk dipertanyakan lagi kemampuan KPK untuk mengatasi skandal korupsi APBN dan APBD
    Dan harus ada jaminannya

  • Omen eztrada

    Omen eztrada

    Bulan Yang lalu

    Akhlak nya banyak yg menyimpang dan ketamakan para pemimpin maka nya banyak yg korupsi

  • luminuous epinoia

    luminuous epinoia

    Bulan Yang lalu

    "demokrasi" feodalisme ?

  • Ribut Adjisantoso

    Ribut Adjisantoso

    Bulan Yang lalu

    Pak karni, kami ingin dengar suara ngos ngosan anda bahas LAPINDO YUSUF MARTAQ DAN KASUS JIWASRAYA BAKRI,
    Ayo supaya feer

  • Река Камень

    Река Камень

    Bulan Yang lalu

    Apa rakyatnya sendiri sudah benar-benar mengetahui apa demokrasi? Bedain antara kritik ama caci maki aja banyak yang tidak bisa.

  • Muhammad Makhfudz

    Muhammad Makhfudz

    Bulan Yang lalu

    Karena partainya menampung kader yg niatnya akan menjarah kekayaan alam buat pribadi terdahulu

  • Kiki Santoso

    Kiki Santoso

    2 bulan yang lalu

    baru bisa membikin kaya tukang survey ....

  • Sumur BorBor

    Sumur BorBor

    2 bulan yang lalu

    Demokrasi , alla korupsi,nepotisme, kolossi,,,yyyyy,,😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁

  • Hari Saputra

    Hari Saputra

    2 bulan yang lalu

    Prof. Hermawan sebelum pilpres 2019 masih idealis yaa.. Prof Mahmud juga masih satu meja ama Sujiwo Tejo...

  • Herman TB

    Herman TB

    2 bulan yang lalu

    Yang kami inginkan sbg rakyat adalah: aman, damai, sejah tera, adil dan makmur. Mungkin beda dg mereka2 yg mabuk demokrasi.

  • expert heart

    expert heart

    2 bulan yang lalu

    Suaramu kemana hukum jd alat kekuasaan kok kamu mingkem aja. Biasanya garang kalau mengritisi pak PS. sedangkan mukidi NGIBUL saja kamu mingkem?!

  • Bambang Wiyono

    Bambang Wiyono

    2 bulan yang lalu

    Memang negara belum bisa memuaskan rakyat karna berapa ribu triliyun yg di embat bohir2 ini dlm upaya mengusut dan menata, mudah2an si bengek bisa mengembalikan 3 T

  • Dilan

    Dilan

    2 bulan yang lalu

    Bener bgt rakyat mau kritik juga hari ini terlihat takut untuk kritik dan saran ke pemerintah karena takut di tangkap dengan UU ITE :)

  • Reva Nurrabani

    Reva Nurrabani

    2 bulan yang lalu

    SINETRON ILC, basi

  • robinsar manik

    robinsar manik

    2 bulan yang lalu

    OK

  • Ngadi Yono

    Ngadi Yono

    2 bulan yang lalu

    Ngak ada demokrasi yg ada otoriter rakyat kecil pada takut

  • iso aripin

    iso aripin

    2 bulan yang lalu

    yg menggagalkan demokrasi itu kadrrun,atas nama demokrasi mereka bikin gaduh,fitnah,ujaran kebencian,jualan agama utk agenda radikalisme nya dan khilafah,padahal,sistem khilafah itu anti demokrasi,..kadrun ini seperti benaluu dan farasit yg memanfaattkan demokrasi yg mereka sendiri anti...!

  • Rochim Pranoto

    Rochim Pranoto

    2 bulan yang lalu

    Demokrasi kreasi manusia semua buatan manusia tdk sempurna .Demokrasi hanya utk Kesejahteraan Partai Penguasa n Politikus Rakyat hanya sbg Obyek.

  • Black Banda

    Black Banda

    2 bulan yang lalu

    Kegagalan Demokrasi juga sumbangan dari intelektual yg tdk bersatu melawan pimpinan hasil Demokrasi yg zhalim

  • Sabdathama

    Sabdathama

    2 bulan yang lalu

    Demokrasi Otoriter

  • Bois Sunengsih

    Bois Sunengsih

    2 bulan yang lalu

    Emang saat ini,negara kita.menganut demokrasi? Gue lupa tuh..uang cepean jadi 10 rbu..gocapy jadi 5rbu..gak ada nilaiya.fn rakyat dikekang.

  • Azwirman Yunus

    Azwirman Yunus

    2 bulan yang lalu

    Demokrasi d indonesia bak cendawan d musim penghujan...elite2 publik figure rame2 dirikan partai...tujuan ny satu kekuasaan d america j yg 2 partai ja sdh ribet negara nya.. aplgi mcm indonesia mnganut multi partai ..alamat suap merajalela.... pilkada beli perahu partai....ya hrs kleluarin duit...nyaleg kluarin duit....partai ibarat perusahaan tp rasa politik...di dirikan untuk mnghslkan uang..bkn membina kader2/manusia yg punya potensi mnjdi pemimpin....

  • ABBAS

    ABBAS

    2 bulan yang lalu

    Kegagalan Demokrasi kita krn terlalu perkasanya partai politik.

  • Ade Hadi Hadi

    Ade Hadi Hadi

    2 bulan yang lalu

    Demokrasi hanya bisa dirasakan sama elit elit politik dan penguasa saja kalo untuk rakyat saya rasa belum dirasakan apalagi dijaman sekarang malah tambah samburawut saling sikat saling lapor melaporkan satu sama lain yg lemah kalah dan masuk penjara yg kuat selamat bila setuju like.

    • Ade Hadi Hadi

      Ade Hadi Hadi

      2 bulan yang lalu

      Sekolah dari kejadian dan yang terlihat serta dirasakan selama ini dalam kehidupan.🙏

    • Ade Wirawan

      Ade Wirawan

      2 bulan yang lalu

      Pinter ,sekolah dimana dulu?

  • Edi Martana

    Edi Martana

    2 bulan yang lalu

    Penerapan demokrasi liberal tak menjamin neg tersebut terbebas dari tekanan dan intimidasi neg barat yg leluhurnya penjajah .
    Ingin bukti .
    Indonesia akan memiliki pesawat militer su35 saja diancam AS shg sampai sekarang su35 tak ada ujung pangkalnya .
    Neg eropa menghambat ekpor CPO indonesia ke unieropa .
    Uni eropa menggugat indo ke WTO karena indonesia menghentikan ekpor biji nikel ke eropa .
    Demokrasi produk neg penjajah tentu untuk kepentingan neg yg leluhurnya enjajah
    Artinya demokrasi dan HAM adalah sarana berselancar neg barat untuk menguasahi neg lain yg tak patuh /koloniasllisme gaya baru .
    Demokrasi sarana para pelacur politik untuk berkuasa .
    Demokrasi sarana swasta untuk bisa memiliki neg .
    Grombolan orang yg melengserkan presiden suharto pengkianat bangsa bangsa indonesia .

  • Lasno Lasno

    Lasno Lasno

    2 bulan yang lalu

    Hakikat demokrasi itu kan 'Metoda Penaklukan atau Tata Cara Penguasaan atas Sekelompok Orang lain oleh sekelompok orang lain (sesama bangsa atau bangsa lain). Demokrasi BUKAN untuk mensejahterakan masyarakat yang ditaklukan/dikuasai. Yang dipilih makin Kaya & Jaya. Pemilih nya ? Ya gitu deh. Tidak sengsara seperti Rakyat Irak, Rakyat Xinjiang & Rakyat Afghanistan saja syukur.

  • Suharta Wijaya

    Suharta Wijaya

    2 bulan yang lalu

    Orang berbicara dia menunduk, itulah pujaan kalian, dia yg mengaku aktifis
    Tapi kapitalis 🤣🤣

  • NENI ys1

    NENI ys1

    2 bulan yang lalu

    Mntap kanggen.tuhan saja yg tahu

  • Raharjo Doank

    Raharjo Doank

    2 bulan yang lalu

    SAMPAI KAPANPUN ORANG KECIL MASYARAKAT BIASA PASTI SUSAH.WALAUPUN SUMBER DAYA ALAM BERLIMPAH.KARWNAKERAKUSAN PENGUASA.

  • Putune simbah Mangun

    Putune simbah Mangun

    2 bulan yang lalu

    Memangnya ada demokrasi di negeri ini,demokresykah

  • Bejo Luky

    Bejo Luky

    2 bulan yang lalu

    Omong opo pak...teori tok...zu

  • Kar 98

    Kar 98

    2 bulan yang lalu

    Janji demokrasi telah berhasil mensejahterakan oligarki parpol dan cukong. Rizal Ramli menyebutnya sbg Demokrasi Kriminal, Ichsannuddin Noorsy menyebutnya sebagai Demokrasi Korporasi. Mungkin kita menyebutnya sbg demokrasi cukong atau cukongkrasi.

  • sadat radiansa

    sadat radiansa

    2 bulan yang lalu

    Presiden bukan Pingin dikeritik tapi presiden pengen penjara penuh dengan pengkritik dengan Cara mencari kesalahanya itulah presiden wakanda wkwjw

    • Kar 98

      Kar 98

      2 bulan yang lalu

      Pengen ketawa ah, walau sambil ketakutan kena pasal UUITE.

  • sadat radiansa

    sadat radiansa

    2 bulan yang lalu

    Kangen Ilc

  • Chaer Saft

    Chaer Saft

    2 bulan yang lalu

    Makanya....jangan percaya sama janji janji....baik partai maupun perorangan!

  • Indra Q Sukmoasih

    Indra Q Sukmoasih

    2 bulan yang lalu

    Apa yang sudah pemerintah berikan kepada kita??? Sepertinya ngga ada timbal balik..

    • Jhon Khan

      Jhon Khan

      23 hari yang lalu

      Pembangunan memang mantap tapi rakyat belum sejahtera

  • cicak 02

    cicak 02

    2 bulan yang lalu

    jgn kutip istilah yg mengandung propokasi pak

    • Machi

      Machi

      2 bulan yang lalu

      Hah?

  • Bams Neoc

    Bams Neoc

    2 bulan yang lalu

    Mantab prof Hermawan...

  • Ade Wirawan

    Ade Wirawan

    2 bulan yang lalu

    Yang sejahterakan rakyat itu duit.... arab ,uea, kuwait... ,brunei... negara monarki tapi rakyatnya lihat..

  • cko prass

    cko prass

    2 bulan yang lalu

    Bang karni.. kapan on air lagi nih ILC.. pliss.. pliss... plisss.. kami butuh ilmu dan pencerahan dari para pakar yg kritis..

    • Raka bayden raka

      Raka bayden raka

      2 bulan yang lalu

      Ngapain on air cari ilmu tempat lain jg bisa.

    • Jason King

      Jason King

      2 bulan yang lalu

      Tunggu ya dik? Kalau saya sudah sembuh dari PILEK,,