[FULL] Menghindari Utang, Mungkinkah Cetak Uang? | IBF tvOne

Dipublikasikan tanggal 10 Peb 2021
Ditonton 14 832
22

Jakarta, www.tvonenews.com - Akhir tahun 2020, utang membengkak dan melebihi Rp6.000 triliun. Langkah pemerintah yang menambah utang baru untuk memulihkan perekonomian akibat dampak pandemi covid-19. Apakah utang atau cetak uang akan jadi solusi tahun ini? Simak diskusinya hanya di Indonesia Business Forum IBF tvOne.

Saksikan live streaming tvOne hanya di www.tvonenews.com/live

Indonesia Lawyers Club
Komentar  
  • Fatah Zamani

    Fatah Zamani

    Hari Yang lalu

    SUSAH DI OBATNYA SEBAB SUDAH LUMPUH ..AKIBAT DARI DARAH TINGGI.TINGGAL NUNGGU KEAJAIBAN ATAU NYUNGSEP.

  • Zulkifli Zulkifli

    Zulkifli Zulkifli

    8 hari yang lalu

    Rakyat Indonesia jauh lebih miskin dari negara yg disebutkan bahkan banyak warga Indonesia menjadi babu dinegara tsb. Dan hutang negara mereka lebih banyak hutang kepada warga mereka sendiri

  • Pak_ ZaLian

    Pak_ ZaLian

    12 hari yang lalu

    Alaaah........

  • zonk Seven

    zonk Seven

    13 hari yang lalu

    cetak untuk sektor produktif

  • The Shadow

    The Shadow

    14 hari yang lalu

    kutang

  • Zono Chapung

    Zono Chapung

    16 hari yang lalu

    Pertanyaan saya, knp di banding² kan dgn negara lain atau hutang tersebut di pake untuk??? Hemmmm🙄🤔🤔

  • R.E. Yana

    R.E. Yana

    21 hari yang lalu

    Pertanyaannya apakah dari pihak setrategi meliter indonesia tidak curiga semua proyek yang digarap sama kontraktor oknum cinakomunis diseluruh indonesia karna banyaknya pengeboran tanpa pengawasan yang ketat .bagaimana kalau bom bawah tanah terpasang dron bawah tanah terpasang alat untuk memantau penggerakan .karna semuanya yang kerja kasarnyapun dari oknum.semua karyawan dari oknum cina yang digerakan sama mafia komunis bukan orang sembarang dia terlatih dibidang militernya juga .supaya tidak kecolongan

  • R.E. Yana

    R.E. Yana

    24 hari yang lalu

    Isu corona hanya bahasa doang yng di kendalikan sama oknum cina komunis itu adala sejata biologis olok olokan penghancur syarap syarap, walaupun hanya bahasa doang untuk meng kup mengkelabuhi mengecoh setiap negara.ini walopun olok olokan akan merugikan setiap negara maka sejata baru awal yang diluncurkan oknum cina komunis satu kata corona yang meresahkan masarakat dunia moderen kalau dunia .obatnya hanya satu kata. Jawaban dari taun 35 sudah ada corona kami tetep sehat pirusnya anak oknum cina komunis nambah banyak maka lawan corona lawan oknum cinakomunis lawa hok dari dari oknum cina komunis. Maaf jangan tersinggun yang cina bukan komunis

  • just Luffy

    just Luffy

    26 hari yang lalu

    ditunggu revisi selanjutnya :)

  • Rap Picture

    Rap Picture

    Bulan Yang lalu

    ngutang ke siapa ?

  • Sukaesih Afif

    Sukaesih Afif

    Bulan Yang lalu

    Uang kertas gd ankanya tapi tdak bergarga bg ekonomi

  • Sukaesih Afif

    Sukaesih Afif

    Bulan Yang lalu

    Ambruk deh d jjh ekonimi sama dikar

  • ARUNG PALAKKA

    ARUNG PALAKKA

    Bulan Yang lalu

    wah membangun negara kok pake hutang. kenapa tidak nyetak duit sendiri aja.

  • Brahma Subhakinha

    Brahma Subhakinha

    Bulan Yang lalu

    Makanya jgn ngutang mulu, contoh jepang, klo mau ngutang minjem sama rakyat.
    Tuapi, berantas dulu koruptor, manajemen keunganan ditingkatkan setinggi-tingginya supaya rakyat (org kaya) tdk keberatan minjemin utang ke negara.

    Koruptor itu (1) dimiskinkan saja, (2) beri hukuman non-penjara maksimal 5 tahun, yakni menjadi pengemis di jalan, kasih mangkuk dan bambu untuk air minum, (3) uang yg disita disisakan sekian supaya yg bersangkutan tidak bunuh diri karena masih ada uang, (4) DILARANG MENJADI PEJABAT LAGI SEUMUR HIDUP, kecuali korupsinya kecil dan kooperatif ketika disidang, dan (5) rakyat dapat memberinya makan dan minum karena koruptor suka makanan rakyat.

  • jamal rgp

    jamal rgp

    Bulan Yang lalu

    BAGI DUIT DONG

  • As Minin

    As Minin

    Bulan Yang lalu

    Negara ini aneh , dlm visi misi Jokowi disakunya dia bilang ada 11 ribu trilyun sekarang kogh malah utang

  • Aka Inu

    Aka Inu

    Bulan Yang lalu

    Cetak uang lebih aman dr pd utang keluar lebih sedikit resiko kebocorannya & infiltrasi campur tangan dr luarpun berkurang, asal ada underlying berupa asset gk harus emas tetep aman rasionya, ato tambah menerbitkan sun ke masyarakat, klo gagal bayar kan asset jatuhnya kerakyat sendiri bukan keluar, optimal return low risk

  • Om Moba

    Om Moba

    2 bulan yang lalu

    Cetak uang kasikan dalam wujud bansos itu...ngapain hutang2 lagi...jgn mau dijerat sama IMF teruss

  • Do it slowly

    Do it slowly

    2 bulan yang lalu

    Yg efektif itu gimana ?
    Kenyataannya gimana?
    Ya lagian ngasih bantuan bentuk barang, gimana sih
    professional dong pak, kerja ya kerja, gk usah omdo
    Take action lah, pengolahan data yg akurat dari dulu perasaan gk selesai*, gk ada solusi yg bener* efektif dari tahun ke tahun, dari sebelum pandemi, gituuuuuu aja
    Gitu gitu terus, sebelum kondisi abnormal masalah data jg gk beres* sampe sekrang
    Itu pun belom tau, setelah data valid, penggunaannya jg blm tentu produktif

  • Marthen Lumendek

    Marthen Lumendek

    2 bulan yang lalu

    Apa ada batasan umur.tks.

  • malikahbojo

    malikahbojo

    2 bulan yang lalu

    masalah cetak uang yg omong harusnya pak mardigo. Beliau udah kasih solusi tp g di denger tu sama pemerintah

  • Fahriza Ghozali Alkaf

    Fahriza Ghozali Alkaf

    2 bulan yang lalu

    Ya gak gini juga donk akwkwkwkw, solusimya bukan ekonominya yang di tambal, tapi masyarakat nya digiring make aparat supaya taat ama prokes, bukan cuma rencana Psbb dll tapi dibiarin Masyarakat gk ada yang ngawas dan ngatur.

    • Fahriza Ghozali Alkaf

      Fahriza Ghozali Alkaf

      2 bulan yang lalu

      Milih Renggang pas pasan tapi ekonomi hancur lebur, apa lockdown total ekonomi bangkit, mkir donk

  • shalwa mustika

    shalwa mustika

    2 bulan yang lalu

    kalau tidak korupsi gimana cara mengembalikan dana kampanye.

  • shalwa mustika

    shalwa mustika

    2 bulan yang lalu

    yang paling baik itu tidak berhutang.

  • shalwa mustika

    shalwa mustika

    2 bulan yang lalu

    tenang aja di kantong jokowi ada 11000 T lebih .

  • Ali Hamzah

    Ali Hamzah

    2 bulan yang lalu

    Nara sumber nya tolong yg pakai akal sehat..

  • Ali Hamzah

    Ali Hamzah

    2 bulan yang lalu

    Pdip politisi nya .gak ada yg bisa di pegang omongannya..

  • mamet54

    mamet54

    2 bulan yang lalu

    Ini gimana sih ngundang narsum kok tdk imbang, semua pro hutang ... harusnya imbang antara pro hutang & anti hutang biar pemirsah punya wawasan yg lebih luas

  • Zainuddin Sijaya

    Zainuddin Sijaya

    2 bulan yang lalu

    tmkk

  • Gerilya Online

    Gerilya Online

    2 bulan yang lalu

    mungkin aja.. tapi, tunggu dulu tdk semudah itu.... (kata sales marketing kredit bank dunia)

  • You Di

    You Di

    2 bulan yang lalu

    Rezim bacot korupsi doang di banyakin giliran devisit ngelirik utang 🤦

  • sylver sylverians

    sylver sylverians

    2 bulan yang lalu

    ide bagus tuh

  • Umar Bin Khattab

    Umar Bin Khattab

    2 bulan yang lalu

    MABOK UTANG.

  • yhuda official

    yhuda official

    2 bulan yang lalu

    mau lomba byk hutang .. otak yg gagal faham kayaknyab

  • Tjhev

    Tjhev

    2 bulan yang lalu

    Merokeeeeetttt


    Hutang nyaa 😂😂😂

  • Wood Working

    Wood Working

    2 bulan yang lalu

    Lama2 kok mending nonton srimulat ... Ngomong nya blt lah ... Subsidi lah ... Se rupiah pun blm pernah megang uang bantuan ... Alhmdllh masih bisa hidup sampai skrg

  • Widodo Budi

    Widodo Budi

    2 bulan yang lalu

    Besar tapi produktif lebih baik dari pada kecil tapi tidak produktif??🤔🤔

  • Boy youband channel

    Boy youband channel

    2 bulan yang lalu

    Tv one harus nya mengundang pak Mardigu Mowiek,

    • Fikril Islami

      Fikril Islami

      20 hari yang lalu

      Up Ayo jangan rela Indonesia di gadaikan. Bossman 👍

  • Mas Karebet

    Mas Karebet

    2 bulan yang lalu

    Jangan lah selalu melakukan pembodohan publik... Fakta dan kenyataan selama ini hutang yang diambil Pemerintah apa memang sudah produktif...??? Pertumbuhan ekonominya berapa selama ini...??? Meroket dan diatas 7%...??? Angkatan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja berapa...??? Sampai 10 juta kah...???
    Yang ada APBN dan Uang Rakyat dari hasil pinjaman hutang dikorupsi...!!! Hutang 6000 Trilyun tapi dampak ekonominya ngga signifikan... Masih mending Pemerintah sebelumnya hutang terukur dan tepat pertumbuhan ekonominya rata-rata masih bisa diatas 5.7% dan lapangan pekerjaan dan bisnis masyarakat berjalan baik dan ekonomi rumah tangga dan rakyat masih tercukupi...

  • Ridho Tjg

    Ridho Tjg

    2 bulan yang lalu

    Ahirnya meroket juga.... Hutang. Ambyar...

  • Anca Taka

    Anca Taka

    2 bulan yang lalu

    Utang2 tarussssss

  • Anas Agin

    Anas Agin

    2 bulan yang lalu

    Korupsi Mulu sih

  • M.mukarrom Karrom

    M.mukarrom Karrom

    2 bulan yang lalu

    Kasih aja uang itu ke staf desa yg gajinya sangat kecil, tolong kasih modal buka lapangan kerja, tuntut dan latih staf desa membuka lapangan kerja yg luas

  • Lukman Kendari

    Lukman Kendari

    2 bulan yang lalu

    Meroket...🥳🥳🥳

  • Sen Bazz

    Sen Bazz

    2 bulan yang lalu

    Cetak, jng old mind mulu

  • H4d1 S4nt0s0

    H4d1 S4nt0s0

    2 bulan yang lalu

    Cetak uang untuk bangun infrastruktur.. dengan bahan baku dari dalam negri semua

  • sheptian kuswanda

    sheptian kuswanda

    2 bulan yang lalu

    harus nya macam filipina berani bilang negara tidak punya uang, ini pd bohong terus wk wk

  • Asep alburhani

    Asep alburhani

    2 bulan yang lalu

    Cetak yg banyak, rakyat sudah jarang pegang uang apa rupiah sudah mulai langka ?

  • latif cianjur

    latif cianjur

    2 bulan yang lalu

    Ancuuuuuurrrr Negara banyak utang tinggal tunggu waktu nya aja...

  • Lamso Lso

    Lamso Lso

    2 bulan yang lalu

    Soal utang tidak usah mencetak uang lagi.
    Minta Wakaf dan sumbangan saja.

  • Alpa Omega

    Alpa Omega

    2 bulan yang lalu

    Jualin aja cebong ngpain cetak uang, ngpain ngutang..
    Cebong kan banyak

  • Muhammad Rizal

    Muhammad Rizal

    2 bulan yang lalu

    Klompok yg pandai bicara klompok tukang korup

  • LOKA

    LOKA

    2 bulan yang lalu

    RAKYAT MENUNGGU UWANG BANSOSSSSSSSSS TOLONG GGG CEPAT BAGIKANNNNNNN

  • ZEN CHAN

    ZEN CHAN

    2 bulan yang lalu

    INILAH PERSEMBAHAN KEAGUNGAN MAHAKARYA MAHAMULIA GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL!

  • kunk odi

    kunk odi

    2 bulan yang lalu

    menkeu masih bs ngomong ya apa lg bandingin dgn negara tetangga, apa dia gk bs baca ya negara kt beda dgn negara mereka. apa gk ada ahli ekonomi lain ya kok masih di pake ya...

  • ANDSTIV

    ANDSTIV

    2 bulan yang lalu

    Makanya minta wakaf buat bayar bunga hutang biar bisa hutang lagi..
    Berharap besok bangun pagi udah 2024 buat nyoblos presiden baru 🤣

  • Khanafi Pedak

    Khanafi Pedak

    2 bulan yang lalu

    Alhamdulillah, wakil pdip mengakui bahwa tax amnesti yg pernah di bangga" kan diakui tidak maksimal.

  • kunk odi

    kunk odi

    2 bulan yang lalu

    cetak uang bagus siih kalau bisa kelolahnya, tp kl di korup ky bansos, ya siap2 aza bisa senjata mkn tuan. kalau hutang perlu di tanya uangnya mau di kemanain,...apa buat bansos lagi...hadeuuh...hadeeuuh...tobat deh....udh brbunga uangnya ky di korup di pake intertain atau judi lg...huh.....parah.

  • Robi Sugara

    Robi Sugara

    2 bulan yang lalu

    Tenaaaaang... Bentarl lg akan meroket.. Jokowi ngomong..

  • DS E

    DS E

    2 bulan yang lalu

    Utang negara dibayar pake cetak uang??
    1. Yg hutang pemerintah, kaLo cetak uang itu bank centraL, jadi beda Lembaga.
    2. Teori suppLy-demand, ntr Lemah niLai tukar rupiah, bisa2 infLasi.
    3. Makanya ekspor, manfaatin profit SDA.

    • Widodo Budi

      Widodo Budi

      2 bulan yang lalu

      Saya setuju point 3👍

  • Anto Wijaya

    Anto Wijaya

    2 bulan yang lalu

    Rejim pengemis raja utang raja korup.

  • Irfan Sukmajati

    Irfan Sukmajati

    2 bulan yang lalu

    GK apa cetak uang bagikan sama rakyat kecil yg hidup kekurangan biar bisa bertahan hidup....jgn cetak uang untuk pejabat pemerintahan aja dong.......

  • Seth Stroke Survivor

    Seth Stroke Survivor

    2 bulan yang lalu

    Main enak aja cetak2 uang..😂..
    Cetak anak aja..🤣🤣🤣

  • jame same

    jame same

    2 bulan yang lalu

    Kok mesti dibandingkan negara lain, utang2nya..
    Ya seharusnya jangan meniru utangnya, tirulah pertumbuhan ekonominya..

  • Anto Wijaya

    Anto Wijaya

    2 bulan yang lalu

    Buat perbandingan jangan dg negara2 yg jeblok.mulyani kayak pocong pas pake jilbab ngemis dana wakaf.

  • Frost Bocil

    Frost Bocil

    2 bulan yang lalu

    Ngutang dan pelihara tikus yg byk pak!!!

    • Jengko

      Jengko

      2 bulan yang lalu

      Siap , biar rakyat yg sengsara !

    • JoyoboyoAstro santriOnline

      JoyoboyoAstro santriOnline

      2 bulan yang lalu

      wkwkkwk analisa yg cerdas

  • Asgard

    Asgard

    2 bulan yang lalu

    G seru g d uwa Rizal Dan mang ikhsan Nor

  • Rizky Pakpahan

    Rizky Pakpahan

    2 bulan yang lalu

    Kok utang negara lain yg jadi patokan kacau pola pikir nya jika tetangga saya punya utang kredit motor masa saya juga harus utang kredit mobil

    • Bobbi aja

      Bobbi aja

      2 bulan yang lalu

      Itulah yg namanya analogi pembodohan publik

  • Randa Rinaldi

    Randa Rinaldi

    2 bulan yang lalu

    Pemerintah membuat hutang dalam bunyi nya triliyunan rupiah,,tetapi saya sebagai rakyat indonesia di kalangan menengah kebawah,,1 rupiah pun semenjak pandemi tidak pernah merasakan bantuan dari pemerintah dari uang pinjaman itu,,mau tanya??sebenar nya uang pinjaman itu untuk apa di pergunakan??.....mendingan cetak uang,,bagikan bantuan kepada rakyat yg lagi susah yg tidak mempunyai gaji bulanan,,biar daya beli meningkat,,semua pasti merasakan hidup dari kalangan bawah semua nya yg ada negri ini,,tetapi kenapa hanya memandang ka atas aja,,pandang kami yg di bawah yg lagi membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah yg ada negri ini....

  • Heru Cahyono

    Heru Cahyono

    2 bulan yang lalu

    Hemat pangkal kaya
    Rajin pangkal pandai

  • Edi Japung

    Edi Japung

    2 bulan yang lalu

    Hutang tros

  • Asep saptogiri

    Asep saptogiri

    2 bulan yang lalu

    Utang terus sampai kiamat juga yg namanya utang gk bakalan lunas kasihan generasi anak kita suruh bayar utang

  • KAMBET Channel

    KAMBET Channel

    2 bulan yang lalu

    Pinjamin saya

  • agum gumelar

    agum gumelar

    2 bulan yang lalu

    11ribu T ada dikantong saya

    • agum gumelar

      agum gumelar

      2 bulan yang lalu

      @Bobbi aja hati2 ITE 🤣🤣

    • Bobbi aja

      Bobbi aja

      2 bulan yang lalu

      Itulah salah satu berita hoaks versi pengkibulan setanah air indonesia raya

  • Danu Kusuma Bojonegoro

    Danu Kusuma Bojonegoro

    2 bulan yang lalu

    Oh ternyata PR nya ndak di kerjakan, ealah

  • Aloner Vps

    Aloner Vps

    2 bulan yang lalu

    Mudah mudahan hutang ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan yang paling penting bisa dilunasi saat jatuh temponya nanti.

    • Edi Wahyudi

      Edi Wahyudi

      2 bulan yang lalu

      Utang nya di manfaatin buat di garong... fuck👎

    • heri ahmad

      heri ahmad

      2 bulan yang lalu

      Pret

  • Danu Kusuma Bojonegoro

    Danu Kusuma Bojonegoro

    2 bulan yang lalu

    Apabila untuk rakyat agar produktif,dengan cara apa uang pemerintah untuk rakyat. Apakah Lewat bank melalui program kredit, sedangkan dengan adanya pandemi ini rakyat banyak yang tidak bisa mengangsur kredit di bank. Dan namanya sudah merah dan hitam, akhirnya uang untuk rakyat ndak tepat sasaran lagi.
    Pretttttttt

  • Anwar Nusapro

    Anwar Nusapro

    2 bulan yang lalu

    Ngutang aje,ilmu Nye kan cuman sampe situ...sekolah jauh2 bisanye cuman ngutang kalo Kate bng Rizal Ramli Menkeu Terbalik

  • JENK KLONG

    JENK KLONG

    2 bulan yang lalu

    Sebesar apapun lumbung nya,,kalo para tikus gk di binasakan,,maka kehancuran terus menerus di dalam lumbung,buat pesta pora para tikus2 berdasi,.

    • Anto Wijaya

      Anto Wijaya

      2 bulan yang lalu

      Mantul boss 👍👍

  • Danu Kusuma Bojonegoro

    Danu Kusuma Bojonegoro

    2 bulan yang lalu

    Walah, tamune dari pedeipe minta toleran dan memaklumi pemerintah untuk hutang lagi lo ya.

  • dani rizki agustian

    dani rizki agustian

    2 bulan yang lalu

    Untuk jangka pendek cetak saja pak, sekarang kan sudah byk investasi emas tuh bahkan aset kripto juga sudah di gaskeun....

  • Ika sembiring

    Ika sembiring

    2 bulan yang lalu

    😁😁😁

  • Fais Irfan

    Fais Irfan

    2 bulan yang lalu

    Kenapa harus bercermin kpd hutang org lain

  • Shergio Camerling

    Shergio Camerling

    2 bulan yang lalu

    The First